Posted in fenomena, info, planet

Halo Matahari

bagi plukers kemarin yg sempet koment di threadku yg judulnya suruh liat matahari yg tinggal di Medan, nah hari ini saya akan membahas tentang masalah ini dan akan saya kasih liat gambarnya hihihihihi https://i2.wp.com/www.addemoticons.com/emoticon/monkey/AddEmoticons12642.gif

kemarin sekitar jam 12 siang, saya liat bos ku keluar bentar sambil liat ke atas dan sambil denger HP, terus gak lama, dia lambaikan tangan suruh saya dan 1 teman kerja lagi ikut keluar dan tengok…. setelah tengok ke atas…, wahhhhh… it’s cool https://i1.wp.com/www.addemoticons.com/emoticon/monkey/AddEmoticons12631.gif keren…!!, mataharinya dikelilingi pelangi hehehehehe, mau di foto, mataku silau, gak nahan liatnya lagian panas amat…., banyak juga warga medan yg liat fenomena ini.

kemudian hari ini, ada masuk koran lalu kubaca bentar. di artikel koran itu juga menyuruh warga tidak perlu khawatir akan fenomena itu. berikut artikelnya…. “Masyarakat tidak perlu khawatir dan berpikir yang tidak-tidak terhadap fenomena halo yang biasa terjadi pada malam hari dan kurang mendapat perhatian, sementara sekali ini terjadi pada siang hari sehingga banyak yang memerhatikannya,” sebut Kasi Data dan Informasi BMG Polonia Medan Firman AMG kepada wartawan, senin (22/9).

Dijelaskan, fenomena ini terjadi karena cahaya matahari terhalang awan cirrus stratus yang mengakibatkan terjadinya fenomena halo yang bentuknya mirip speaker.

“Awan cirrus stratus yang menghalanggi matahari mengandung kristal-kristal es sehingga menimbulkan fenomena optik yang terjadi akibat bias cahaya matahari dan menimbulkan fenomena halo. Fenomene ini hampir sama dengan pelangi,” jelas Firman.

Menurutnya, awan cirrus stratus terletak di atas atmosfir atau sekira 20.000-30.000 kaki dari permukaan bumi. Kondisi ini terjadi karena adanya awan hujan yang berada pada ketinggian tertentu sehingga mengalami proses pendinginan dan membentuk kristal es.

Informasi dari beberapa literatur yang penulis himpun, pada 2 Maret 2007, pemandangan sama pernah terjadi Jawa Timur sekira pukul 12.00 WIB. Hal sama juga disaksikan warga Makasar pada 29 Oktober 2007. Tidak hanya di kedua provinsi itu, sebulan sebelumnya, 27 September 2007 langit di atas Kota Bandung juga berwajahkan demikian. Fenomena yang terlihat itu, menurut para ahli disebut sebagai fenomena ‘halo matahari’

Menurut pakar, fenomena ini merupakan fenomena astronomis dan meteorologis yang biasa. Diakui memang kerap memesona banyak orang, sehingga banyak warga yang langsung mengamatinya dengan mata telanjang. Padahal mengamati fenomena halo matahari secara langsung bisa menyebabkan retina terbakar.

Saat fenomena itu muncul di langit Jawa Timur setahun silam, peneliti dari Stasiun Pengamatan Matahari Watukosek yang tercakup dalam Stasiun Pengamatan Dirgantara Lapan di Watukosek, Jawa Timur, Bambang Setiahadi, warna pekat yang melingkari matahari itu sebenarnya merupakan hasil pembelokan cahaya matahari oleh partikel uap air di atmosfer.

“Jadi, pada musim hujan ini partikel uap air ada yang naik hingga tinggi sekali di atmosfer. Partikel air memiliki kemampuan untuk membelokkan atau membiaskan cahaya matahari.”

Jika kita kaitkan dengan kondisi di Medan dalam beberapa hari ini, alasan itu cukup menjadi jawaban. Apalagi, pada Minggu (21/9) hujan lebat mengguyur Kota Medan disertai angin kencang. Bahkan beberapa warga juga sempat menemukan adanya hujan es kekuningan.

wow… ada hujan es lagiii https://i2.wp.com/www.addemoticons.com/emoticon/monkey/AddEmoticons12628.gif
ya kayaknya sekian dulu info dari saya seputar fenomena yang terjadi di kota Medan.

NB: gambar dan artikel dapat diliat selengkapnya di sini

Advertisements

15 thoughts on “Halo Matahari

  1. @nengbiker
    iya neng.. keren…, waktu liat serasa deket banget antara mataharinya ama kitaa 😀

    @kamikaze
    😀

    @cup
    keluar aja bentar buat liatt 🙂

    @tamago
    makanan aja di pikiran situ hahaahhahaha

    @ristyy
    hihihihihi

    @eru
    yup
    lho,..? bukanny eru uda punya kamera???

  2. waoooo… kerennnn…. gila ya.. bisa ngambilnya..kl aku pasti pusign ngadep matahari gitu…. ukhhh….
    ukh..
    ukh… *lagi ga jelas*

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s